Pulau Kuu Juara Madihin Se Tabalong

3 Sep 2009

Pulau Kuu Juara Madihin Se Tabalong


Taman Kota Salah satu kegiatan dalam memeriahkan rangka HUT RI ke 64 di Kabupaten Tabalong dan dalam upaya melestarikan budaya daerah pihak panitia HUT RI menyelenggarakan Festival Madihin yang diikuti para pemadihin se Tabalong.
Perlombaan yang seyogyanya dilaksanakan pada selasa malam (12/08) terpaksa dilakukan penundaan keesokan harinya karena kota tanjung malam itu diguyur hujan yang deras.
Pelaksanaan lomba yang bertempat di Taman Kota Tanjung tersebut diikuti 7 peserta. Hadir dalam acara itu Bupati Tabalong Drs. H. Rachman Ramsyi, Msi, Wakil Bupati, Sekda, Dinas Sosial dan Dinas terkait lainnya serta Camat Tanjung. Acara dibuka dengan menggelar kesenian tari dari Tabalong, dan ditutup dengan pagelaran Drama Panggung Kesenian Daerah Mamanda oleh Sanggar Pusaka Tabalong yang dipimpin Jauhar Yamani dari Desa jangkung.
Dari pantauan Metro di lapangan, ternyata banyak juga warga Tabalong yang antusias terhadap kesenian daerah ini terbukti tidak sedikit warga yang menyaksikan lomba madihin hingga selesai. Madihin selain mempunyai ciri syair yang unik juga kadang diselingi dengan kelucuan hingga membuat penonton terpingkal-pingkal.
Panitia penyelenggara Lomba Nurdiansyah Nunci mengatakan pagelaran lomba Madihin ini diadakan selain untuk memeriahkan HUT RI juga diharapkan dapat melestarikan warisan kesenian daerah yang sekarang sudah mulai ditinggalkan, dan dapat memotivasi semua pihak untuk lebih memberikan dukungan agar kesenian daerah terus dapat berkembang di zaman modern sekarang ini.
Dari hasil penilaian dewan juri sebagai pemenangnya jatuh pada Zaubnuddin dari Pulau Ku.u yang terkenal sebagai daerah yang banyak mencetak pemadihinan di Kabupaten Tabalong. Juara kedua diraih juga dari warga Pulau kuu atas nama Bahrun begitu juga untuk juara Harapan I juga dari Pulau Kuu atas nama Faridah. Sedangkan untuk juara III jatuh pada Hasanah dan harapan II oleh Thamrin warga Desa Jangkung. Metro/rif.


TAGS


-

Author

Follow Me